Selasa, 12 Mei 2020

Penyajian Data (Bagian II)

 

B. Penyajian Data
3. Diagram Garis
Diagram garis adalah salah satu cara penyajian data pada statistika yang digunakan pada data yang berubah dalam waktu berkala atau berkesinambungan/kontinu.
Contoh data yang biasanya disajikan menggunakan diagram garis adalah:

  • jumlah penduduk,
  • hasil pertanian,
  • jumlah siswa.

Pada diagram garis, sumbu mendatar menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu tegak menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Dimana sumbu tegak dan sumbu datar dibagi menjadi beberapa skala bagian yang sama.

Gambaran Bentuk Diagram Garis:


4. Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran adalah suatu cara penyajian data dengan menggunakan lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan nilai atau persentase dari berbagai variabel data yang dibahas.
Dalam pembuatan diagram lingkaran kita harus menentukan besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besar sudut pusat sektor lingkaran. Besar persentase atau sudut inilai yang akan menggambarkan besar nilai atau frekuensi dari suatu data tertentu.
Gambaran Bentuk Diagram Garis:


C. Contoh Soal
1. Buatlah diagram garis yang menggambarkan banyak siswa SMP dalam kurun waktu 2012 – 2015 sesuai tabel di bawah ini!

Penyelesaian:
a. Pada diagram garis yang akan kita buat, sumbu mendatar diisi dengan tahun pengamatan (2012 – 2015), sedangkan sumbu tegak menunjukkan nilai data pengamatan disetiap tahunnya.
Karena variabel jenis kelaminnya ada dua, maka garis yang akan dibuat juga akan ada dua buah, seperti di bawah ini:


2. Perhatikan diagram garis di bawah ini!

Buatlah tabel dari grafik diagram garis tersebut!

  • Pada bulan apa penjualan laptop dan komputer paling tinggi?
  • Pada bulan apakah penjualan laptop dan komputer mengalami kenaikan paling tinggi?
  • Pada bulan apakah laptop dan komputer terjual sama banyak?

Penyelesaian:

  • Buat tabel dari grafik diagram garis
Karena ada dua garis (biru untuk penjualan laptop dan merah untuk penjualan komputer) maka ada dua variabel pada bagian kolom. Sedangkan bagian barisnya berisi bulan perjualan. Maka bentuk tabelnya akan seperti gambar di bawah ini:

Data penjualan laptop dan komputer di setiap bulannya sesuai diagram garis di atas:

  1. Januari: laptop = 10, komputer = 12
  2. Februari: laptop = 15, komputer = 8
  3. Maret: laptop = 8, komputer = 18
  4. April: laptop = 12, komputer = 12
  5. Mei: laptop = 15, komputer = 10
  6. Juni: laptop = 18, komputer = 8
  7. Juli: laptop = 24, komputer = 20
  8. Agustus: laptop = 22, komputer = 22
  9. September: laptop = 15, komputer = 18
  10. Oktober: laptop = 16, komputer = 14
  11. November: laptop = 8, komputer = 10
  12. Desember: laptop = 6, komputer = 8


Isi tabel sesuai data yang sudah kalian kumpulkan di langkah kedua!




  • Pada bulan apa penjualan laptop dan komputer paling tinggi?
          Penyelesaian:
          Bulan Juli dan Agustus. Karena pada bulan Juli dan Agustus penjualan laptop dan komputer                mencapai 44 buah, dimana itu merupakan jumlah penjualan terbanyak.

  • Pada bulan apakah penjualan laptop dan komputer mengalami kenaikan paling tinggi?

          Penyelesaian:
          Bulan Juli karena pada bulan tersebut garis melengkung tinggi dari titik yang pada bulan                      sebelumnya.

  • Pada bulan apakah laptop dan komputer terjual sama banyak?

          Penyelesaian:
          Pada bulan April dan Agustus, karena pada kedua bulan itu, garis untuk laptop dan komputer              bertemu pada satu titik yang sama.

3. Hasil pengumpulan data tentang ukuran sepatu siswa  diperoleh data sebagai berikut.

Sajikan data di atas ke dalam bentuk diagram lingkaran!
Penyelesaian:

  • Untuk membagi lingkaran ke dalam 7 bagian, maka kita butuh mengetahui besaran sudut dan persentase untuk setiap bagian ukuran sepatu. Jumlah dari semua data adalah 24, maka:
























  • Setelah mendapatkan besar sudut dari setiap bagian, bagi satu lingkaran ke dalam 7 bagian sesuai besar sudut yang didapat.


4. Diketahui diagram lingkaran dari acara tv yang disukai, sebagai berikut:

Dalam suatu poling terhadap 1.000 pemirsa tentang acara yang paling disukai pada salah satu stasiun televisi didapatkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran sebagi berikut. Berdasarkan diagram lingkaran tersebut:

  • Acara apakah yang paling banyak diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
  • Acara apakah yang paling sedikit diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
  • Berapa persen pemirsa yang meminati acara Olah Raga? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya

Penyelesaian:

  • Acara apakah yang paling banyak diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?
Jawab:
Hitung terlebih dahulu persentase olahara untuk mengetahui acara mana yang memiliki persentase terbesar:
% Olahraga = 100 – (10 + 25 + 15 + 20 + 13)
% Olahraga = 17

Sehingga acara TV yang paling banyak diminati adalah acara TV yang memiliki persentase terbesar yaitu sinetron, dengan persentase 25%.
Diketahui banyak pemirsa TV = 1000, maka:
banyak pemirsa yang meminati sinetron = (25%)/(100%)×1000
banyak pemirsa yang meminati sinetron = 1/4×1000
banyak pemirsa yang meminati sinetron = 250


  • Acara apakah yang paling sedikit diminati pemirsa? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?

Jawab:
Acara TV yang paling sedikit diminati adalah acara TV yang memiliki persentase terkecil yaitu kuis, dengan persentase 10%.
Diketahui banyak pemirsa TV = 1000, maka:
banyak pemirsa yang meminati kuis = (10%)/(100%)×1000
banyak pemirsa yang meminati kuis = 1/10×1000
banyak pemirsa yang meminati kuis = 100


  • Berapa persen pemirsa yang meminati acara Olah Raga? Berapa banyak pemirsa yang meminatinya?

Jawab:
% Olahraga = 100 – (10 + 25 + 15 + 20 + 13)
% Olahraga = 17

Diketahui banyak pemirsa TV = 1000, maka:
banyak pemirsa yang meminati acara olahraga = (17%)/(100%)×1000
banyak pemirsa yang meminati acara olahraga = 170




Daftar Pustaka:
As’ari, dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.









0 komentar:

Posting Komentar