"Jangan fokus pada sulitnya suatu tugas, tapi fokuslah pada nikmatnya suatu proses untuk menyelesaikannya. Karena pada dasarnya menikmati hasil karya pemikiran sendiri itu jauh lebih menyenangkan daripada mengeluhkannya.."
Assalamualaikum readers..
Kali ini saya mau memposting coding TPW lagi nih. Episode kali ini ialah tentang coding pertidaksamaan kuadrat. Semoga bisa menjadi bahan referensi tambahan yah buat kalian yang sedang berkecimpung di dunia TPW hahaha. Sok langsung aja disimak..
Program pertidaksamaan;
uses wincrt;
var
a, b, c, D, x,x1,x2, h, i : real;
tanda : string;
Begin
Writeln ('PROGRAM PERTIDAKSAMAAN KUADRAT');
Writeln ('==============================');
Writeln;
Writeln ('Masukkan data kalian!');
Writeln ('Contoh : a x^2 + b x + c');
Writeln;
Write ('nilai a= '); readln (a);
Write ('nilai b= '); readln (b);
Write ('nilai c= '); readln (c);
Write ('tanda pertidaksamaan= '); readln (tanda);
Writeln;
Writeln ('Data anda adalah " ',a:0:0,' x^2 + ',b:0:0,' x + ',c:0:0,' ',tanda,' 0 "');
Writeln;
D:= SQR (b) -4*a*c;
Writeln ('Nilai deskriminan data anda adalah ',D:2:2);
Writeln;
Begin
if D<0 then
begin
writeln ('Tidak ada penyelesaian dari pertidaksamaan anda');
end
else
if D=0 then
Begin
x:=-b/(2*a);
Writeln ('Himpunan Penyelesaian dari data anda adalah:');
End
else
if D>0 then
Begin
x1:=(-b-SQRT (D))/2*a;
x2:=(-b+SQRT (D))/2*a;
Writeln ('Himpunan Penyelesaian dari data anda adalah:');
End;
end;
Begin
{Pengujian}
if tanda= '<' then
Begin
if D=0 then
Begin
h:=SQR (a*(x-1)) +b*(x-1)+c;
if h<0 then
writeln ('x<',x:2:2)
else
if h>0 then
writeln ('x>',x:2:2);
End
else
if D>0 then
Begin
i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);
if i<0 then
writeln ('x < ',x1:2:2,' atau x > ',x2:2:2)
else
if i>0 then
writeln (x1:2:2,' < x < ',x2:2:2);
End;
end
else
if tanda= '>' then
Begin
if D=0 then
Begin
h:=sqr (a*(x-1))+b*(x-1)+c;
if h<0 then
writeln ('x<',x:2:2)
else
if h>0 then
writeln ('x>',x:2:2);
End
else
if D>0 then
Begin
i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);
if i<0 then
writeln (x1:2:2,' < ',x2:2:2)
else
if i>0 then
writeln ('x < ',x1:2:2,' atau x > ',x2:2:2);
end;
End
else
if tanda= '<=' then
Begin
if D=0 then
Begin
h:=SQR (a*(x-1)) +b*(x-1)+c;
if h<=0 then
writeln ('x<=',x:2:2)
else
if h>=0 then
writeln ('x>=',x:2:2);
End
else
if D>0 then
Begin
i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);
if i<0 then
writeln ('x <= ',x1:2:2,' atau x >= ',x2:2:2)
else
if i>0 then
writeln (x1:2:2,' <= x <= ',x2:2:2);
end;
end
else
if tanda= '>=' then
Begin
if D=0 then
Begin
h:=SQR (a*(x-1))+b*(x-1)+c;
if h<=0 then
writeln ('x <=',x:2:2)
else
if h>=0 then
writeln ('x >=',x:2:2);
End
else
if D>0 then
Begin
i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);
if i<=0 then
writeln (x1:2:2,' <= x <= ',x2:2:2)
else
if i>=0 then
writeln ('x <= ',x1,' atau x >= ',x2:2:2);
End;
End;
End;
End.
0 komentar:
Posting Komentar