Kamis, 14 Mei 2015

Coding Pertidaksamaan Kuadrat

Hasil gambar untuk persamaan kuadrat

"Jangan fokus pada sulitnya suatu tugas, tapi fokuslah pada nikmatnya suatu proses untuk menyelesaikannya. Karena pada dasarnya menikmati hasil karya pemikiran sendiri itu jauh lebih menyenangkan daripada mengeluhkannya.."

Assalamualaikum readers..
Kali ini saya mau memposting coding TPW lagi nih. Episode kali ini ialah tentang coding pertidaksamaan kuadrat. Semoga bisa menjadi bahan referensi tambahan yah buat kalian yang sedang berkecimpung di dunia TPW hahaha. Sok langsung aja disimak..

Program pertidaksamaan;
uses wincrt;
var
a, b, c, D, x,x1,x2, h, i : real;
tanda : string;

Begin
   Writeln ('PROGRAM PERTIDAKSAMAAN KUADRAT');
   Writeln ('==============================');
   Writeln;
   Writeln ('Masukkan data kalian!');
   Writeln ('Contoh : a x^2 + b x + c');
   Writeln;
   Write ('nilai a= '); readln (a);
   Write ('nilai b= '); readln (b);
   Write ('nilai c= '); readln (c);
   Write ('tanda pertidaksamaan= '); readln (tanda);


   Writeln;
   Writeln ('Data anda adalah " ',a:0:0,' x^2 + ',b:0:0,' x + ',c:0:0,' ',tanda,' 0 "');

   Writeln;

   D:= SQR (b) -4*a*c;

   Writeln ('Nilai deskriminan data anda adalah ',D:2:2);

   Writeln;

   Begin
   if D<0 then
   begin
   writeln ('Tidak ada penyelesaian dari pertidaksamaan anda');
   end

   else

   if D=0 then
    Begin
        x:=-b/(2*a);
        Writeln ('Himpunan Penyelesaian dari data anda adalah:');
    End

   else

   if D>0 then
    Begin
        x1:=(-b-SQRT (D))/2*a;
        x2:=(-b+SQRT (D))/2*a;
        Writeln ('Himpunan Penyelesaian dari data anda adalah:');
    End;
   end;

   Begin
   {Pengujian}
   if tanda= '<' then
    Begin
      if D=0 then
      Begin
        h:=SQR (a*(x-1)) +b*(x-1)+c;
        if h<0 then
          writeln ('x<',x:2:2)
        else
        if h>0 then
          writeln ('x>',x:2:2);
      End

      else

      if D>0 then
      Begin
        i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);

        if i<0 then
          writeln ('x < ',x1:2:2,' atau x > ',x2:2:2)
        else
        if i>0 then
          writeln (x1:2:2,' < x < ',x2:2:2);
      End;
    end

   else

   if tanda= '>' then
   Begin
      if D=0 then
      Begin
        h:=sqr (a*(x-1))+b*(x-1)+c;
        if h<0 then
          writeln ('x<',x:2:2)
        else
        if h>0 then
          writeln ('x>',x:2:2);
      End

      else

      if D>0 then
      Begin
        i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);

        if i<0 then
          writeln (x1:2:2,' < ',x2:2:2)
        else
        if i>0 then
          writeln ('x < ',x1:2:2,' atau x > ',x2:2:2);
      end;
   End

   else

   if tanda= '<=' then
   Begin
      if D=0 then
      Begin
        h:=SQR (a*(x-1)) +b*(x-1)+c;
        if h<=0 then
          writeln ('x<=',x:2:2)
        else
        if h>=0 then
          writeln ('x>=',x:2:2);
      End

      else

      if D>0 then
      Begin
        i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);

        if i<0 then
          writeln ('x <= ',x1:2:2,' atau x >= ',x2:2:2)
        else
        if i>0 then
          writeln (x1:2:2,' <= x <= ',x2:2:2);
      end;
   end

   else

   if tanda= '>=' then
   Begin
      if D=0 then
      Begin
        h:=SQR (a*(x-1))+b*(x-1)+c;
        if h<=0 then
          writeln ('x <=',x:2:2)
        else
        if h>=0 then
          writeln ('x >=',x:2:2);
      End

      else

      if D>0 then
      Begin
        i:=SQR (a*((x1+x2)/2)+b*((x1+x2)/2)+c);

        if i<=0 then
          writeln (x1:2:2,' <= x <= ',x2:2:2)
        else
        if i>=0 then
          writeln ('x <= ',x1,' atau x >= ',x2:2:2);
      End;
   End;
 End;
End.

0 komentar:

Posting Komentar