Senin, 14 Maret 2016

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi

Assalamualaikum readers..
Kali ini saya ingin berbagi jurnal matematika mengenai persamaan kuadrat. Berikut perincian judul, pemilik, dan jurnal tersebut:


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DENGAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM DI KELAS IX SMPN 24 KOTA JAMBI

Husni Sabil1

dan Sri Winarni2

Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA FKIP univ. Jambi

Jl. Raya Jambi-Ma. Bulian KM 14 Mendalo Darat Jambi

e-mail : sabilmath@gmail.com dan sriunja@gmail.com


ABSTRAK

Keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IX SMPN

24 Kota Jambi sangatlah kurang, hal ini disebabkan karena materi

pembelajaran matematika masih di dominan menggunakan metode

yang konvensional sehingga rata-rata hasil belajar siswa masih rendah

yaitu 50. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka pembelajaran

menggunakan metode belajar aktif tipe quiz team merupakan salah

satu alternatif yang dapat dilaksanakan dengan dengan tujuan

meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMPN 24

Kota Jambi pada materi persamaan kuadrat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar

matematika siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode

belajar aktif tipe Quiz Team pada materi Persamaan Kuadrat.

Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa

pada materi Persamaan Kuadrat meningkat dengan menggunakan

metode belajar aktif tipe Quiz Team.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai

upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi

persamaan kuadrat, dengan menggunakan metode belajar aktif tipe

quiz team yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Setiap siklus

melalui tahap perencanaan,pelaksanaaan tindakan,observasi, dan

refleksi.

Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan ulangan atau

evaluasi dalam postest serta dilengkapi dengan lembar pengamatan

terhadap siswa dan guru melalui lembar observasi. Berdasarkan

pengolahan data terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 23 siswa

sebelum melaksanakan tindakan sebesar 5,9 pada siklus I menjadi 7,4

pada siklus III. Sedangkan prosentase ketuntasan klasikalnya

meningkat dari 65,2% pada siklus I menjadi 86,95% pada siklus III.

Dengan demikian penggunaan metode belajar aktif tipe quiz team

dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar

matematika siswa.


Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team.



0 komentar:

Posting Komentar