Kali ini saya ingin berbagi jurnal matematika mengenai persamaan kuadrat. Berikut perincian judul, pemilik, dan jurnal tersebut:
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DENGAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM DI KELAS IX SMPN 24 KOTA JAMBI
dan Sri Winarni2
Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA FKIP univ. Jambi
Jl. Raya Jambi-Ma. Bulian KM 14 Mendalo Darat Jambi
e-mail : sabilmath@gmail.com dan sriunja@gmail.com
ABSTRAK
Keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IX SMPN
24 Kota Jambi sangatlah kurang, hal ini disebabkan karena materi
pembelajaran matematika masih di dominan menggunakan metode
yang konvensional sehingga rata-rata hasil belajar siswa masih rendah
yaitu 50. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka pembelajaran
menggunakan metode belajar aktif tipe quiz team merupakan salah
satu alternatif yang dapat dilaksanakan dengan dengan tujuan
meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMPN 24
Kota Jambi pada materi persamaan kuadrat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode
belajar aktif tipe Quiz Team pada materi Persamaan Kuadrat.
Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa
pada materi Persamaan Kuadrat meningkat dengan menggunakan
metode belajar aktif tipe Quiz Team.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai
upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi
persamaan kuadrat, dengan menggunakan metode belajar aktif tipe
quiz team yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Setiap siklus
melalui tahap perencanaan,pelaksanaaan tindakan,observasi, dan
refleksi.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan ulangan atau
evaluasi dalam postest serta dilengkapi dengan lembar pengamatan
terhadap siswa dan guru melalui lembar observasi. Berdasarkan
pengolahan data terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 23 siswa
sebelum melaksanakan tindakan sebesar 5,9 pada siklus I menjadi 7,4
pada siklus III. Sedangkan prosentase ketuntasan klasikalnya
meningkat dari 65,2% pada siklus I menjadi 86,95% pada siklus III.
Dengan demikian penggunaan metode belajar aktif tipe quiz team
dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar
matematika siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team.
0 komentar:
Posting Komentar